Makna Logo UIN

shares |

Kita dulu sering melihat logo Departemen Agama, logo madrasah dan sekolah tinggi Islam menggunakan logo yang kurang lebih sama. Ada gambar al-Quran dan sedikit tulisan arabnya. Namun jika kamu melihat logo UIN Jakarta tentu kamu akan mengira kalo itu bukan logo sekolah Islam.

Sebelumnya marilah kita simak makna dari logo baru UIN Jakarta tersebut. Logo baru UIN  memiliki 4 karakter yaitu Keislaman, Keilmuan, Keindonesiaan dan Globalisme yang tercermin pada ;

1.Bayang-bayang Bola Dunia yang menggambarkan wawasan global UIN dan juga missi Islam sebagai  rahmat bagi semesta (Rahmatan Lil Alamin).

2. Partikel Atom yang menggambarkan keilmuan dan dinamika serta keajegan hukum alam (sunnatullah) yang diperintahkan Allah untuk selalu dibaca dan diteliti untuk kesejahteraan umat manusia.

3. Partikel Atom di atas juga bisa dilihat sebagai sebuah bunga Lotus atau Sidrah (diambil dari al-Qur’an Sidrah al-Muntaha), sebuah lambang dan cita-cita setiap mukmin untuk menggapai pengetahuan   kebenaran tertinggi (Ma’rifah al-Haq).

4. Kitab Suci yang menjadi sumber inspirasi dan kaidah hukum serta moral bagi pengembangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

5. Garis putih: pengikat UIN sebagai universitas yang kuat, Siratal Mustaqim

6. Warna Biru melambangkan kedalaman ilmu, kedamaian dan kepulauan Nusantara yang berada di antara dua lautan besar, sebuah wilayah yang mempertemukan berbagai peradaban dunia.

Ada kalangan yang mengktitik adanya logo baru UIN Jakarta ini, daintaranya karena tidak ada tulisan arabnya atau logo alQuran seperti logo-logo UIN lainnya. Ini memberi kesan tidak islami katanya.

Aku pernah jadi muridnya Pak Suwito, beliau banyak cerita tentang logo ini. Dan beliau meresponnya dengan gurauan saja. Prof Suwito optimis bahwa logo UIN akan diterima dengan baik kelak, karena setiap perubahan itu memang selalu ada pro dan kontra.

Related Posts

1 comments

  1. dan menyusul UIN Bandung, UIN Mana lagi yang mau menyusul?

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete