Terracotta Adalah Simbol Kekuatan China

shares |

Patung terracotta merupakan fenomena karya manusia pada masa awal China yaitu pada tahun 210-209 SM. Sepertinya ini untuk mengabadikan betapa besar kekuatan dan kekuasaan china dibawah kepeimpinan  Kaisar pertama China, Qin (Qin Shi Huang). dalam film red cliff kita bisa membayangkan betapa luar biasa china didirikan.
warisan sejarah ini menjadi museum China yang sangat terkenal dengan nama Bing Ma Yong. Patung patung tersebut mengenakan seragam prajurit dengan baju dan kira kira ukuranya masih sama dengan ukuran manusia sekarang.
jika kita sepintas melihat patung patung ini, kita akan segera mengatahu betapa manusia telah sedemikian maju dalam hal seni dan peradaban ribuan tahun yang lalu. namun yang sangat jelas terlihat adalah pesan bahwa dunia selalu dipenuhi dengan peperangan.
Ambisi Kaisar Qin atau enaknya di baca Cin,, untuk menyatukan seluruh negara bagian atau dinasty adalah karena pengetahuanya yang memandang bahwa umat manusia harus bersatu dibawah satu panji dan kepemimpinan.
sepertinya kita juga mendapati konsep ini dalam berbagai ajaran agama. Keyakinan akan sang messiah dan mahdiisme atau ratu adil yang akan menguasai dunia dengan keadilan adalah gambaran nyata tentang perlunya penyatuan umat.
namun, kaisar Qin hanya mampu manyatukan beberapa dinasti, andai Qin diberi umur panjang pasti seluruh dunia sudah berada di bawah keukasaanya dan menjadi satu Negara.

Related Posts

1 comments

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete