Perlukah Kisah Nabi di filmkan?

shares |


Semula kita tidak pernah menyagka kalau kisah kisah para nabi akan di filmkan. Sewaktu kecil kita hanya bisa membayagkan kisah kisah para nabi yang berjumlah 25 itu oleh ustadz atau kyai di surau surau setelah solat maghrib berjamaah. Sebetulnya tidak ada jadwal khusus bagi pak kyai atau ustadz untuk menceritakan nabi nabi, karena yang paling penting adalah cara solat dan bisa mengaji al-quran dengan tartil atau benar. Justru bagi kita, dimasa itu,, mendengarkan cerita adalah hal yang paling kita tunggu tunggu, kalo boleh dibilang pelajaran favorit adalah mendengar cerita atau kisah para nabi atau para sahabat nabi.
Tentu imaginasi kitalah yang mendominasi tentang bagaimana perwajahan dan fisik para tokoh dan bagaimana kondisi pada masa itu. Kita hanya bisa menghayal tanpa batas. Dan mungkin itu yang menjadikan anak-anak zaman dahulu lebih pandai bermimpi. Kita bayangkan seberapa kuat dan hebat nya Nabi Musa as dengan tongkatnya. Kita bayangkan betapa laut bisa dibelah dan tongkat berubah menjadi ular besar.. sungguh imaginasi yang mengasyikkan bukan.
Nabi Zakaria bersama Maryam kecil dalam Film Maryam Muqaddas
Kita juga berusaha mengadaikan kesabaran nabi Zakaria as dalam menyelamatkan serta memuliakan sayidah maryam muqaddas. Apalagi kisah nabi Muhammad saw yang penuh dengan cerita hikmah, intrik politik, peprangan, cinta dan sebagainya. Namun apa yang terjadi jika kisah kisah ini difilmkan?
Banyak sisi yang harus kita pelajari kelemahan dan kelebihannya. Tentu anak-anak kita mulai malas mendengarkan cerita dan kisah tauladan. Bahkan mereka memiliki idola sendiri yang tidak jelas karakternya. Sementara pengenalan terhadap contoh atau teladan abadi haruslah tetap ditanamkan.
Satu sisi memang anak akan sedikit banyak terkurangi daya imaginya karena dalam film tersebut adalah karya dari imaginasi seseorang. Sementara kita tahu bahwa setiap orang memiliki imagi yang berbeda dan kreatif. Namun disisi lain menonton kisah lebih anak sukai ketimbang hanya mendengar tanpa visual.
Raja Sulaiman bersama pasukannya
Semoga dengan hadirnya film film yang bercerita tentang para tokoh islam dapat memberi angin segar bagi para pendidik dan orang tua.

Related Posts

1 comments

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete