Informasi Kursus Bahasa Inggris di Pare Kediri

shares |

Bagi pecinta bahasa Inggris, mungkin kata Pare akan dekat dengannya. Atau kata BEC, Mr Kalend juga tak asing bukan?. Hah ga tau? Oh mungkin hanya sebagian pecinta bahasa inggris aja yang tau. Pare adalah nama kecamatan di Kediri Jawa Timur. Di tempat inilah berdiri puluhan tempat kursus dengan beraneka nama dan program. 

Tempatnya berada di desa pelem (kalo ga salah) disitu terkenal sebagai kampung Inggris. Kenapa? Karena hampir setiap orang datang dari daerah untuk belajar bahasa inggris. Memang, sama sekali bukan kampungnya para bule. Bukan pula tempat pariwisata dimana para bule pada mangkal.

Hampir setiap bulan ada saja yang datang dari berbagai propinsi diseluruh Indonesia untuk menimba ilmu bahasa inggris. Dengan menjamurnya kursusan yang tak terhitng dengan jari hanya di satu kampung, jelas ini membuat setiap orang penasaran. Sebenarnya apa istimewanya sih?

Aku pernah belajar disitu dulu, ditahun 2002. Mungkin semuanya sudah banyak berubah sekarang. Aku tak tau lagi. Dulu bahkan ibu ibu penjual nasipun bisa menimpali obrolan kita yang lagi ngobrol inggris dengan bahas inggris pula. Katanya ibu yang punya warung nasi  "sahabat" ini dulu dikampung ini Mr Kalend pernah mengajar seluruh warga kampung, yang pastinya ada yang mau ada yang engga. Ada yang bisa ada yang engga. Kenapa mr kalend mau mengajari bahasa inggris kepada warga kampung yang kebanyakan mereka petani tomat? Ya jelas, secara mereka warga kampung situ bisa buka kos kosan, warung makan dan sebagainya, karena banyaknya pendatang atau pelajar yang ingin belajar menguasai bahasa inggris secara lisan dan tulisan. Ternyata Mr kalend (kalo cerita ibu sahabat td benar) memiliki visi yang luar biasa, apa sebab? Sebab ia telah membuat sebuah kondisi masyarakat yang mendukung kegiatan belajar pelajar. Lingkungan sehari hari yang mendukung ini sudah pasti adalah pembelajaran secara tidak langsung. Karena jika hanya di kelas saja, orang akan cepat lupa. Tapi dilingkungan sosial sehari harinya juga ngobrol dengan bahasa ingris, ini benar-benar luar biasa.

selain ibu warung sahabat yang warungnya di perempatan ini. Ada juga tukang mie ayam pangsit langgananku. Namanya lupa, (maaf ya cak), nah abang mia ayam ini kontraknya di sebelah kontrakanku. Mau tau nama kontrakanku? "Trotoar house". Dia jago banget bahasa inggrisnya. kita sering ngobrol dengan bahasa inggris versi pare tentunya. Hal ini biasa saja disana. Tapi kedengaran luar biasa kalo belum kesana.
Sebenernya materi yang diajarkan ya itu itu aja, tapi mungkin metode dan lingkungan yang mendukung inilah yang membuat orang berduyun duyun ke pare. BEC (basic english course) adalah nama lembaga kursus bahasa inggris yang pertama berdiri dengan Mr Kalend O. sebagai direkturnya. Namanya cukup unik untuk nama orang indonesia. Sumpah aku kira dulu beliau orang asing. ia hanya alumni Pesantren Gontor.

Setelah BEC sukses, maka murid muridnya kemudian mendirikan lembaga kursus disekitar BEC, lagi dan lagi sampai puluhan lembaga kursus dengan nama,metode dan program yang variatif.

BEC hanya menerima 200 siswa per angkatan. Setahun ada 4 angkatan. Bec membuka program berjenjang yaitu BTC, CTC dan TC. Syamsurizal anak lakilaki Mr Kalend pernah membuka progran Pre Bec untuk para calon siswa BEC. Karena biasanya pendaftaran ke BEC dilakukan sebulan sebelum pengumuman penerimaan. Dan setelah penerimaan, masuk kursusnya dibulan depannya. Jadi setelah keterima kursus, praktis harus nunggu sebulan lagi untuk mulai kursus. Dan kosong sebulan inilah yang dimanfaatkan para siswa untuk mengambil program Pre Bec atau masuk ke lembaga kursus lainya.

Program BEC yaitu BTC (1 bulan; menguasai tenses), CTC ( 2 bulan menguasai passive, question tag, dan lain2 aku lupa), TC (3 bulan; memperdalam sampai advance). Dijamin dalam sebulan pun udah bisa ngomong inggris, 2 bulan udah agak bagus, 6 bulan udah pandai merayu bule di Borobudur.

Biasanya alumni akan menggunakan kode TC kalo bertemu sesama alumni , kalo aku angkatan TC 79, kamu? 

nb: info lengkapnya disni

Related Posts

0 comments:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete