Al-Ghazali tidak mengharamkan Filsafat loh

shares |

Banyak para mahasiswa Islam bahkan sampai pada dosen-dosen yang mengajarkan Islam masih beranggapan bahwa mempelajari filsafat itu haram. dengan dalil bahwa ulama sekaliber al-Ghazali pernah mengharamkannya. Apa benar begitu?

setidaknya dalam dunia filsafat itu membahas beragam bab dan tema yang tentunya kalau kita duduk sebentar untuk membaca dan merenunginya, maka secara logika saja, keharaman akan filsafat itu sudah terbantahkan. namun tahukah anda bahwa al-Ghazali pun sebetulnya adalah filosof muslim yang sangat mumpuni dimasa itu. lihatlah dari karya-karyanya.

Al-Ghazali dengan semangat mendiskusikan tentang (1) tentang unsur yang empat, (2) fisika, (3) astrofisika (langit dan alam semesta), (4) kejadian dan kehancuran, (5) meteorologi, (6) mineralogi, (7) botani, (8) zoologi dan (9) Psikologi.Ilmu alam juga memiliki cabang-cabangnya antara lain (1) kedokteran, (2) astrologi, (3) ilmu firasan (fisiognomi) (4) ilmu taalisman (jimat), (5) magik. (6) ta'bir mimpi dan (7) alkemi.

Bukankah tema-tema tersebut adalah tema-tema pembahasan filsafat? tentu jawabannya adalah iya. nah mengapa sampai hari ini sebagian umat islam masih alergi dengan filsafat? tentu karena pemahamannya masih belum sempurna lantas sudah berani menyimpulkan.

Adapun  al-Ghazali sendiri dengan tegas menyatakan bahwa tak ada bagi syara' untuk menolak ilmu-ilmu (filsafat) tersebut. Namun yang menjadi persoalan yang memberatkan bagiAl-Ghazali adalah hanya pada 3 tema berikut:

(1) pendapat filosof bahwa ada hubungan niscaya antara sebab dan akibat,

(2). bahwa jiwa adalah substansi spiritual yang tidak membutuhkan badan,

(3) penolakan mereka tentang tidak mungkinnya mengembalikan badan kepada jiwa mereka.

Hanya tiga tema yang dikritik al-Ghazali tentu tidak menjadikan seluruh tema filsafat haram kan? lihat betapa banyak ilmu filsafat tersebut di atas yang menurut al-Ghazali tidak perlu dilarang oleh agama.

jadi sebaiknya anda tidak gegabah mengatakan bahwa al-Ghazali melarang ilmu-ilmu filsafat. semoga bermanfaat.

tulisan ini bersumber dari tulisan Prof.Dr. Mulyadhi Kartanegara

Related Posts

1 comments

  1. Filsafat tidak haram masbro
    cuma ulama2 islam sekarang akalnya pendek
    Filsafat ilmu akal tingkat tinggi

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete