Bruce Lee Filosof dari Cina

shares |

Di daerah pecinan San Francisco, seorang anak manusia lahir di tahun Naga dan waktu Naga (1940) Sebuah simbol keberuntungan ganda yang diyakini dalam kepercayaan cina akan membawa keberuntungan dan kesuksesan. Jun Fan, begitu nama bayi cina ini. Namun karena lahir di negeri orang, maka ia dinamai Bruce Lee. Sebagaimana orang cina yg di indonesia memiliki 2 nama; nama indonesia dan nama cina. Nama Jun Fan memiliki arti menngguncang negeri asing. Nama memang doa, begitulah akhirnya bruce lee mengguncang seluruh negeri asing dengan dikenal sebagai aktor sekaligus ahli kungfu.
Percaya atau tidak bahwa sebenarnya Bruce Lee adalah filosof Cina. Sebagaimana judul tulisan ini. Kok bisa aktor laga bisa disebut Filosof? Yap, disaat ia cidera dan harus dirawat beberapa waktu, Bruce Lee menuliskan pemikirannya mengenai hakikat kungfu. Ia menulis filosofi kungfu dengan judul Jeet Kune Do. Buku ini sangat terkenal dan sampai hari ini masih dibaca orang yangingin mengetahui dan mempelajari filsafat kungfu. buku ini sekarang berjudul Tao of Jeet Kune Do.
apa dengan menulis berarti ia filosof? Ya, adalah mustahil seorang ahli kungfu biasa bisa menuliskan pemikiranya dengan baik. Sudah bisa dipastikan Bruce Lee memiliki pemahaman yang mendalam tentang hakikat dan filsafat kungfu. Menurutnya Kungfu bukanlah alat untuk menyakiti orang lain tapi untuk memperoleh pemahaman dan keselarasan,  Dan juga untuk menyelesaikan konflik manusia.Jelas ini adalah tema filsafat.
Kita bisa memakluminya bahwa Lee telah belajar dari guru besar yang tersohor, Master Yip Man. Ialah yang telah meletakkan fondasi dan pemahaman yang benar mengenai hakikat kungfu.
Bruce Lee meninggal karena sakit, setelah bermain film The Way of The dragon. Ia mejadi Idola sampai sekarang. Menurutku yang paling berharga adalah ajarannya yang tertuang dalam bukunya.

Related Posts

0 comments:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete