Mungkinkah Nabi Bersalah?

shares |

Judul diatas kelihatanya benar. bukan hanya benar tapi dibenarkan oleh kebanyakan orang. Kalimat tersebut  biasanya terucap kalo pelaku sedang atau telah melakukan kesalahan. "Ya maklumlah, saya kan manusia biasa (boleh bersalah). nabi saja bisa bersalah kok." Kelihatannya kalimat itu aman-aman saja dan biasa saja. Benarkah nabi itu bisa salah atau berbuat salah? Mari kita renungkan!
begini saja, kita yakini atau setidaknya fahami dahulu posisi nabi itu sebagai apa. Nabi adalah utusan Tuhan untuk membimbing manusia agar berbuat baik atau menjadi baik dan masuk surga. Nah, jika kita tempatkan nabi sebagai utusan Tuhan, maka secara otomatis bahwa Nabi adalah contoh atau suri teladan. Teladan untuk kebaikan. Lalu kita tanya pada diri kita, mungkinkah teladan yg diutus Tuhan itu tidak teladan? Mungkinkah sang contoh kebaikan ini melakukan keburukan ? Mungkinkah nabi sebagai pembimbing manusia menuju surga melakukan kesalahan? Mungkinkah?
Mungkinkah Nabi Bersalah?
jawabanya sih mungkin saja. kenapa? Karena nabi juga manusia yang memiliki potensi dan kemampuan untuk melakukan kesalahan atau dosa. Bisa banget. Tapi nabi mau ga melakukan kesalahan? Atau ada ga bukti bahwa nabi melakukan kesalahan dan dosa?
jika nabi saja melakukan dosa dan kesalahan, lalu bagaimana manusia mau mengambil contoh dari orang yang melakukan kesalahan? Maka anggapan bahkan keyakinan bahwa Nabi melakukan kesalahan perlu diteliti kembali. Jika anda meyakini bahwa nabi melakukan kesalahan, maka ragukan keyakinan beragama anda.

Related Posts

1 comments

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete