Dongeng sebelum tidur membuat anak cerdas

shares |

Dongeng atau cerita adalah hiburan yang menyenangkan buat anak. selain murah meriah dan tidak memerlukan biaya, ternyata dongeng bisa memberikan manfaat positif buat anak. Dongeng adalah sebuah sarana pendidikan karakter yang efek dan khasiatnya sudah dirasakan sejak zaman dahulu kala.

Meskipun kini banyak anak anak yang tidak mendapatkan hiburan ini karena perkembangan zaman dan teknologi, namun dongeng ternyata masih sangat diminati bahkan dianjurkan oleh para praktisi pendidikan.

Menurut ahli pendidikan anak dari Iran, Ibrahim Amini, cerita cerita dongeng itu sangat hidup di dalam batin. artiya bahwa dongeng benar benar pendidikan yang menyentuh sisi yang paling penting dalam diri manusia, yaitu hati.

Menceritakan sebuah kisah pada anak sebelum tidur, misalnya, meberikan pengaruh secara psikis, mental maupun spiritual. Anak diajak mengembangkan imajinasinya dalam mengenal sosok sosok terntentu dan dengan karakter tertentu. dengan dongeng, anak secara sadar maupun tidak sadar memilih karakter yang memiliki sifat kemanusiaan dibanding sifat kebinatangan. sifat sifat kemanusiaan itu seperti pantang menyerah, sabar, berbuat baik, meolong dan sebagainya. sementara sifat kebinatangan adalah merampas, berbuat jahat, mencuri, pemarah dan semacamnya.

Secara fitri, atau dalam hati nurani anak yang masih bersih tersebut, anak akan cenderung berpihak pada nilai nilai suci. nah, jika dongeng dongeng kebaikan selalu diceritakan pada anak, maka karakter kebaikan itu semakin megkristal dalam sanubarinya. sehingga dewasanya, ia menjadi orang yang berkarakter dan tidak mudah digoda dengan sifat sifat keburukan.

Bagaimana? masih malas untuk mendonegngkan buah hati anda?

Related Posts

2 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya, bagus sekali. Ada hal yg menarik bila anak terbangun dan turun dari tempat tidurnya, tapi tidak mendengar ketika Anda bicara? Berdasarkan info dari artikel iyaa.com ini kalo itu bisa jadi dia sebenarnya tidak terjaga dan masih tidur! Ya, Ma, berjalan dalam keadaan tidur adalah sejenis mimpi yang yang bergerak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali gan, wah bagus juga tuh infonya.. Aku mau baca dulu ya

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete