Di manakah letaknya gua Ashabul Kahfi?

shares |

Mungkin sampai hari ini ada yang masih bertanya tanya dimanakah letak gua ashabul kahfi yang sangat fenomenal itu. untuk menjawab pertanyaan ini, kita telah mendapatkan banyak pendapat yang sangat beragam.
inilah beberapa pendapat tentang letak gua ashabul kahfi:

1. Gua Ephesus, Ephesus adalah sebuah kota yang telah menjadi puing di Turki yang terletak 73 kilometer kota besar Izmir dan kota ini kurang-lebih satu kilometer kota Ephesus (sekarang Efes Turki) dekat desa bernama Ayasuluk dan pada lereng sebuah gunung bernama Yanardag.

2. Goa Rajib (Abu Alanda), Goa ini terletak delapan kilometer kota Amman ibukota Yordania dekat sebuah desa bernama Rajib. Sebuah goa yang di bagian selatan lereng goa tertutup dengan batu dan dari sekelilingnya terbuka dari dua sisi Timur dan Barat dimana matahari bersinar ke dalam dan goa terletak pada sisi Selatan. Dalam goa ini, terdapat inskripsi (pahatan) Yunani kuno yang gurat oleh orang-orang Tsamud.  Karena sudah terhapus sebagian dari inskripsi ini tidak dapat terbaca dengan baik. Akan tetapi pada dinding, juga terlihat gambar anjing dengan warna merah dan dihiasi dengan ornamen-ornamen lainnya.

3. Sebuah goa di pegunungan Qasiyun, Gunung ini terletak dekat kota Shalihiyah (dekat Damaskus Suriah) dimana Ashabul Kahf juga disandarkan padanya.

4. Goa di Petra, Salah satu kota di Palestina dimana Ashabul Kahf juga disandarkan padanya.

Allamah Thabathabai Ra setelah menukil beberapa pendapat ini berkata, “Tiada satu pun bukti yang menunjukkan bahwa salah satu dari goa ini adalah goa yang disebutkan dalam al-Quran. Di samping itu, sumber-sumber sejarah menolak sebagian pendapat ini; karena bagaimanapun kisah Ashabul Kahfi adalah sebuah kisah Romawi dan setting ceritanya terjadi di bawah kekuasaan dan dominasi orang-orang Roma…
sumber: http://islamquest.net/

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete