Jangan Pernah Ambil Keputusan saat Kamu Marah

shares |

Ketika kita sedang dalam kondisi marah, sebaiknya kita menghindari untuk melakukan tindakan penting seperti mengambil keputusan.  Bahkan juga dianjurkan untuk menghindari debat ketika kita sedang dalam keadaan emosi.


Jika kita dalam keadaan marah maka akan keluar kata kata yang tidak pantas yang beberapa menit kemudian akan kita sesali selamanya.
Para nabi dan wali telah mengingatkan kepda kita akan bahaya marah. Kita diharuskan untuk mengendalikannya. Meskipun kita tahu bahwa kemarahan adalah sesuatu yang tidak terpisahkan dengan diri manusia, namun mengontrol kemarahan adalah suatu tidakan paling bijak.
Untuk itu, mengambil keputusan disaat marah jelas tidak akan mendatangkan manfaat karena keputusan tidak akan diperoleh dari jiwa yang tenag dan bijaksana. Apapun keputusan yang akan anda ambil, sebaiknya diambil pada saat tidak marah.
Kemarahan adalah salah satu faktor yang menghancurkan dan merusak sebuah hubungan antar manusia. Kemarahan adalah api iblis, wujud kebencian dan bukan ajaran para nabi dan orang orang suci.
Lihatlah betapa kita menyaksikan para nabi dan orang orang suci dari berbagai aliran kepercayaan senantiasa menjaga dirinya untuk tetap tenang dan tersenyum. Disaat saat yang menentukan, jika dalam kondisi marah, maka mereka akan memilih untuk menenangkan diri sebelum mengambil sebuah keputusan.
Sekarang ini banyak sekali diantara kita yang mudah sekali marah. Di jalan raya, didahului pemotor lain, maka kemarahan segera menyala di kepalanya. Di media sosial, ada sedikit perbedaan, maka dengan mudah api kemarahan membakar hatinya. Dan dengan serta merta mengeluarkan komentar komentar yang sangat buruk dan menjijikkan.
Ingatlah pesan orang orang suci ini;

Kemarahan adalah sesuatu kejahatan yang jika anda melepaskannya, maka ia akan menghancurkan anda.

Para Imam Ahlul bait as bersabda:
barangsiapa yang tidak menghentikan kemarahannya, maka ia bukan dari golongan kami.

Barangsiapa yang dikuasai kemarahan maka ia seperti hewan.

Kemarahan adalah dikarenakan kebodohan
Nah, setelah menyimak dan merenungkan kata kata mutiara yang menyejukkan di atas. Apa masih mau meneruskan kemarahan anda? Tenangkanlah diri anda. Maafkanlah mereka yang menyakiti anda. Bersabarlah, niscaya anda akan memperoleh kebahagiaan.

Hanya Allah Yang Tahu.

Related Posts

2 comments:

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete