Inilah Diantara Tafsir Ba dalam Basmalah

shares |

Inilah Diantara Tafsir Ba dalam Basmalah
Bismillahirrahmanirrahiim, adalah sebuah kalimat ampuh yang dikenal dengan nama basmalah. Ada 114 kali Al-Quran mengulang kalimat ini. Seluruh surat dalam al-Quran selalu dimulai dengan kalimat ini kecuali surat Al-Bara ah atau surat At-Taubah. Namun jumlah 114 digenapkan denga lafal basmalah di dalam surat an-Naml. Artinya an-Naml memiliki dua basmalah.

Mengapa basmalah ini begitu penting sehingga Rasulullah saw memerintahkan agar setiap perbuatan dimulai dengan basmalah. Ada banyak sekali penjelasan tentang hal ini. Salah satu keagungan basmalah adalah bahwa kalimat basmalah ini adalah inti sari dari al-Quran. Al-Quran yang terdiri 114 surat ini jika diperas, maka intinya ada di surat al-Fatihah. Sementara surat al-Fatihah jika diperas lagi, intisarinya ada di kalimat basmalah. Kalimat bismillahirrahmanirrahiim, jika diperas lagi maka intinya ada di huruf  "ba".

Huruf "ba" adalah huruf yang sangat istimewa. Suatu hari Imam Ali bin abi Thalib dikunjungi sahabatnya dan meminta beliau menjelaskan tafsir bismillahirrahmaanirrahiim. Imam Ali menjelaskannya panjang lebar, hingga tidak terasa waktu sudah menjelang sahur. Dan itu baru menjelaskan huruf ba dalam basmalah. Sahabat tadi kagum dan berkata, "Dalam sekali pengetahuanmu ya Ali". Imam Ali berkata: "andai saja ditulis tafsir huruf ba dalam basmalah, maka perlu sembilan unta untuk mengangkat tulisan-tulisan tafsir itu".

 Betapa luar biasanya tafsir huruf ba dalam basmalah.
Disini aku mau sedikit berbagi, tentu saja ini aku dapat juga dari pengajian dari seorang Kyai. Kyai ini menjelaskan bahwa sejatinya segala sesuatu atau setiap manusia selalu menggunakan huruf ba dalam kondisi apapun.

Baik itu disadari atau tidak. Baik diakui atau tidak, manusia selalu menggunakan ba.
Ba, dalam bahasa arab artinya adalah "dengan". Setiap kondisi, lita selalu menggunakan dengan. Manusia tidak bisa mengelak itu. Kita duduk 'dengan' kursi, kita duduk 'dengan pantat', kita duduk 'dengan' tegaknya tulang belakang. Dan 'dengan' yang lainnya. Ketika berdiri, bernafas, tersenyum dan lainnya, maka kita pasti menggunakan 'dengan' atau 'ba'. Ini artinya adalah manusia dan makhluk lainnya tidak berdaya dan akan selalu dan senantiasa bergantung 'dengan' sesuatu. Kebergantungan dengan sesuatu menandakan kelemahan dan keterbatasan.

Adalah Allah, Tuhan Yang Maha Kasih dan Sayang, Dialah yang tidak bergantung. Dan Dialah sesungguhnya tempat seluruh makhluk bergantung. Maka para nabi senantiasa menasehati manusia agar selalu mengawali perbuatannya dengan basmalah. Agar kita makin yakin dan percaya bahwa perbuatan kita pasti akan berhasil jika dimulai 'dengan' nama Allah. Dan perbuatan kita ada nilai ibadah dan ketaatan kepada Tuhan.
Mari awali setiap perbuatan kita dengan basmalah

Related Posts

4 comments:

  1. Iya, kalau mengucapkan basmalah sebelum melakukan sesuatu itu rasanya jadi lebih tenang, hehe.... Misalnya sebelum makan, belajar, tidur, dan sebagainya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul gan, ketenangan itu membuat kita lebih menikmati yg kita lakukan. 😊

      Hapus
  2. Kalau mengucap Basmallah sy inget pelajaran agama waktu SD :)
    dulu dibuku pelajaran agama tersbut dijelaskan keutamaan mengucapkan Basmallah sebelum melakukan sesuatu :) masih inget sampe sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,, ini kalimat paling mantab dan sakti

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete