Kisah Zulaikha ( Katayoun Riahi ) di Indonesia

shares |

Zulaikha bukanlah nama yang asing d telinga masyarakat Indonesia. banyak anak-anak perempuan di Indonesia diberi nama orang tuannya dengan nama ini. namun kadang kadang berubah menjadi Julekha atau Juleha.

Nama Zulaikha adalah nama legendaris tentang kisah cinta. Ketika kita menyebut Nabi Yusuf as, maka ada nama Zulaikha terpaut didalam benak kita. buku buku dan novel roman tentang kisah cinta nabi yusuf dan Zulaikha begitu banyak di perpustakaan dan toko buku. Bahkan Al-Quran sendiri mengabadikannya dalam satu surat.



selain dalam bentuk novel , Film Nabi Yusuf juga digemari oleh seluruh umat manusia di muka bumi ini. tentu hal ini bukan hal yang aneh, mengigat kisah ini memang patut untuk selalu dikenang sebagai pelajaran.

berbicara tentang Zulaikha, aku jadi ingat sebuah cerita yang diceritakan oleh seorang teman. Cerita ini menurutku cukup unik, bagaimana mungkin Zulaikha, sang bangsawan Mesir itu bisa sampai tersesat di negeri yang jauh yang bernama Indonesia. Ya, Zulaikha pernah ke Indonesia lho.
sebelum film Nabi Yusuf diterjemahkan di ICC Jakarta. mungkin hanya beberapa orang Indonesia saja yang pernah menonton film Nabi Yusuf versi iran ini. Mereka itu mungkin para keluarga dubes Indonesia di Iran atau para pelajar Indonesia di Iran.


 Film ini sangat populer di Timur Tengah, dan juga Iran tentunya. Semua terpukau oleh akting para artis yang membintangi film ini. Ada Musthafa Zamani yang berperan sebagai nabi Yusuf atau juga Katayoun Riyahi, yang berperan sebagai Zulaikha.

Zulaikha ini adalah bangsawan Mesir yang terkenal, seluruh penduduk Mesir mengenalnya.
Begitu juga sang artis, Katayoun ini sangat terkenal. Namun hanya di Iran, tidak di Indonesia.
Suatu hari Zulaikha berkunjung ke Indonesia, entah dalam rangka apa. Setelah berjalan jalan dan turun dari Taxi, ia tidak sadar bahwa dompetnya ketinggalan. Ia mengeluh pada beberapa teman Irannya di kantor kedubes. Namun ia cuma di ledek, "andai driver taxi tadi tahu bahwa kamu adalah Zulaikha, pasti dompetmu akan dikembalikan."
Ya, kalo driver tahu itu bahwa penumpangnya adalah Zulaikha,
mungkin akan dikembalikan, tapi dikembalikan kemana? Mesir atau Iran?

Related Posts

5 comments:

  1. Berarti Katayoun Riadhi harus menulis nama alias 'zulaikha' di belakang namanya :)

    BalasHapus
  2. Jadi bingung Dong ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak ely udah mampir ke gubuk ane :)

      Hapus
    2. Sama sama, makasih juga sdh main ke DE :)

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete