Tips Jika Login Webmail Gagal Terus

shares |

Salam, kawan.. saat ini aku lagi mencuri waktu untuk ngeblog lagi. Ini  bukan untuk memperkaya diri, hehe, ya keles ngeblog bisa jadi kaya. Ini untuk membantu kawan-kawan yang sering gagal log-in di webmail padahal user dan password sudah benar. Barangkali bisa membantu. :)

Seminggu yang lalu ada teman yang sulit mengakses webmailnya. Padahal user dan password sudah benar dan tidak pernah menggantinya. Ini bukan kali pertama, dulu sempet juga seperti ini. Aku pikir ini kesalahan password yang salah ketik, jadinya karena aku juga tidak tahu passwordnya apa, aku reset ulang passwordnya melalui cpanel hosting. Dan saat itu bisa log in kembali. Namun kasus serupa kembali terjadi, tidak ada ngin tidak ada hujan, webmail tidak bisa diakses, alias tidak bisa login kembali.

Aku pun mengulangi perbuatanku yang telah lampau, dengan perkiraan yang sama, salah ketik password. Namun ternyata beberapa hari kemudian, temanku masih bilang bahwa webmail masih tidak bisa dibuka. Jangankan dibuka, masuk aja tidak bisa. Nah loh.. apa yang terjadi?

Tips Jika Login Webmail Gagal Terus
Saat aku kunjungi layanan penyedia hosting, kejadian seperti ini memang sering terjadi. Pertama, hal ini dikarenakan IP kantor menggunakan IP dinamis, artinya IP selalu berubah dalam rentang waktu tertentu. Jika ini yang terjadi maka bisa diatasi dengan restart modem. Dan kamu bisa kembali log-in dengan user dan password yang tadi dianggap salah, atau error. Namun bagaimana jika IP kantornya statis namun masih saja tidak bisa log-in?

Kemungkinan yang kedua ini bisa jadi adanya port cpanel terbloklir oleh firewall , maka laporkan ke penyedia hosting untuk me whitelist ip kantor kamu agar selalu bisa login. Untuk mengetahui ip kantor kamu, kamu bisa cek di http://www.whatismyip.com/.

Ada solusi lain tanpa harus menanyakan ke pihak penyedia hosting yaitu menggunakan menggunakan script #cPanelProxy. caranya gampang, namun aku belum pernah mencobanya.

Kadang-kadang masalah itu menjadi sulit dan rumit saat kita merasa tidak mampu mengatasinya. Namun saat kita yakin bisa mengatasi dan terus mau belajar, maka sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan.

Related Posts

14 comments:

  1. wahh ini juga saya alami beberapa waktu yang lalu sempat bikin stresss karena tidak tau caranya tapi setelah keesokan harinya saya login normal saja, mungkin nanti pas sulit login saya akan terapkan cara ini. terimakasih

    BalasHapus
  2. untunglah saya tidak pernah mengalaminya gan, thanks atas pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya hanya penyedia hosting tertentu gan

      Hapus
  3. Masalah yang sama yang sering sy alami pas masih kerja kantoran dulu gan

    berkali2 IP kantor diblok sama hosting, padahal jelas2 IP kantor pakai statik harusnya pihak hosting dah tau dan bisa whitelist

    sampe cape sy laporan, akhirnya minta whitelist tapi tetep aja masalah ga selesai karena ketika user pakai outlook masih suka keblokir dan lagi2 harus laporan

    kalau ga bisa login coba tes pakai proxy, karena biasanya hosting memblok ip ketika banyak user yg akses dari ip yg sama *pengalaman dikantor lama*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mas putra punya pengalaman buruk juga ya ttg hal ini,,emang menyebalkan,, hehe,,

      Hapus
  4. wah baru tau... sering tuh dulu... :D

    BalasHapus
  5. Wah aku belum pernah pakai webmail nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak yg gratisan mbak, gmail atau ymail,, gratis ga pake ribet ,,hihihi

      Hapus
  6. belum pernah yang begini

    BalasHapus
  7. webmail saya udah 2 hari ini ttp belum bisa di buka Gan.....:-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba hubungi penyedia hostingnya aja gan, kalo cara diatas tidak bisa

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete