Adab Berbuka Puasa Ramadhan

shares |

Tak terasa sudah memasuki hari kedua bulan suci Ramadhan 1435 H. Alhamdulillah awal puasa tahun ini relatif lebih kompak dan seragam. Tentu masih dan akan selalu ada perbedaan awal waktu selama metode dan penarikan kesimpulan dari pengamatan juga berbeda. Tapi hal ini bukanlah sebuah hal yang mencemaskan, justru ini adalah anugerah dari Allah dan luasnya khazanah pemikiran dan keilmuan dalam dunia Islam.


Khazanah Islam yang sangat berharga adalah puasa yang di dalamnya terdapat beragam hikmah dan pelajaran. Kedisiplinan dan etika adalah diantaranya. Waktu makan, minum sampai berhubungan suami istri diatur padahal itu adalah perbuatan yang halal. Berbuka puasa adalah perbuatan halal, namun tetap saja ada aturan mainnya. Berbuka puasa adalah sebuah ibadah, bukan sekedar memindahkan isi meja kedalam perut. Untuk itu selain telah diatur waktunya, kita juga diberikan aturan yang memiliki nilai etis sekaligus bernilai ibadah yang berpahala.


Diantara adab berbuka puasa adalah sebagai berikut:
Selama menunggu waktu berbuka, kita dianjurkan untuk membaca Alquran dan memperbanyak membaca surat AlQadr.
Setelah datangnya waktu berbuka, maka sebaiknya membaca doa berbuka puasa. Mulailah dengan memakan kurma satu atau dua buah. Ingat, jangan pernah berbuka dengan makanan haram atau syubhat. Berbuka puasa denga kurma yang halal akan melipatgandakan pahala empat ratus kali lipat. (Jangan tanya dalil, karena aku bukan ahlinya, ini hanya mengutip pak Kyai).


Setelah makan sebutir atau dua buah kurma dan minum susu atau air putih, hendaklah langsung menunaikan solat Maghrib berjamaah. Kondisi ini akan lebih menenangkan jiwa dan menyehatkan perut. Jika kita langsung hajar semua makanan yang ada didepan kita, itu namanya bendungan pecah. Diperut tidak sehat, di jiwa tidak tenang dan spiritual jadi tidak terang. Akibatnya mengantuk dan solat tidak khusyuk. Mau tadarus? Pasti malas. :)


Setelah selesai Solat Maghrib dan membaca doa. Setelah itu barulah makan secukupnya. Nah dengan adab berbuka puasa seperti ini insyaAllah Puasa akan lebih sehat, menyehatkan badan dan juga spiritual.


Selamat menunaikan Ibadah Puasa :).

Related Posts

26 comments:

  1. Salah satu anjuran saat berbuka adalah: berbuka dengan yg manis.
    hehehehehehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal ga banyak banyak mas
      selamat berpuasa

      Hapus
  2. kita memang harus tahu aturan yang tepat ya mas untuk berbuka puasa, sebab jika sembarangan berbuka nanti malah bukan sehat jadinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul ustadz,, aku juga cuma denger dari para penceramah aja,, hehe

      Hapus
    2. wah belum pak ustadz ni mas heeheee

      Hapus
  3. Makanlah saat kau lapar, berhentilah sebelum kenyang...

    BalasHapus
  4. Saya biasanya malah jalan2, Mas. Enggak tadarus. .
    Tadarusnya pas Ashar gitu. :D

    Mas, jadi ikut GA saya dong! Ya ya ya ya. .
    Salam buat keluarga. . .^_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,, ngabuburit ea?
      oya ntar tak buat deh,, :
      selamat berpuasa

      Hapus
  5. Berbuka dengan yang manis-manis, hihi.
    Selamat menunaikan Ibadah Puasa, mas. salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat berpuasa.. Salam kenal mas :)

      Hapus
  6. iya betul berbukalah dengan yang manis! btw suka bgt sama kurma pas tiba buka puasa

    BalasHapus
  7. Selamat berbuka mas :)
    kalau masih kecil dulu mungkin yg paling dipikirin pokoknya makan sekenyangnya hahah
    kalau sekarang paling minum dulu karena biar ga kaget perutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe blog mbak aisah alexanya udah ninggalin aku skrg.. Keren :)

      Hapus
  8. berbuka dengan si manis nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini baru bener.. Berbuka dg anak istri :)

      Hapus
  9. sahur dulu gan ... ^_^ salam kenal smua yaw...

    BalasHapus
  10. Wah, kalo saya sih hajar aja mas, soalnya emang gak puasa, hihihi... :D
    Selamat berpuasa ya mas, moga2 puasanya lancar dan membawa ridho :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha,, oke deh
      makasih doanya mas zippy

      Hapus
  11. Berbukalah dengan yang manis dan jangan erlebihan... ntar kalau teraweh biar nggak ngantuk... :D

    BalasHapus
  12. "berhenti sebelum kenyang" bener gak mas. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget.. Tp suer ini yg paling sulit.. Kalo makan ketika lapar sih enak, tp berhenti sblm kenyang ini hebat kalo bisa

      Hapus
  13. Gluk ... Gluk .... Gluk ...nyam .. nyam ,,,, nyam .... ENAK TENAN Mas ... :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete