Ketahui Tujuanmu

shares |

Sering kita ditanya apa tujuanmu menikah, apa tujuanmu hidup, apa tujuanmu kuliah dan seterusnya. Kita juga tidak jarang gagap menjawab apa tujuan kita melakukan sesuatu yang hendak kita lakukan.

Ketika kita mau makan saja, kita harus tau tujuannya. Entah itu tujuannya hanya iseng-iseng, sekedar ganjal perut, mengenyangkan, atau memenuhi kebutuhan kita. Kalo tujuanya hanya iseng-iseng, kita cukup makan gorengan atau snack atau lainnya. Semenyara jika tujuan kita makan adalah untuk mengenyangkan perut karena audah waktunya makan siang, tentu makan di warung padang akan kita pilih daripada sekedar makan keripik singkong.

Cara menentukan tujuan adalah dengan mengidentifikasi keperluan kita. Apa yg kita butuhkan, itulah yang akan menjadi tujuan kita. Tanpa menentukan tujuan, maka seluruh tindakan kita tidak akan bernilai, bahkan tidak terarah.

Baru saja, aku mengikuti pembukaan sebuah kelas bahasa arab. Setiap siswa mendapat giliran menjawab sebuah pertanyaan dari sang ustadz. Kira kira pertanyaannya adalah, apa tujuan para siswa baru itu mengikuti kursus bahasa arab. Ada ragam alasan atau tujuan yang aku dengar. Ada juga yang bingung tujuan dirinya sendiri mengapa harus mengikuti kursus bahasa arab. Aneh memang, sudah datangvke kelas, tapi tidak tahu tujuannya mau apa. Tapi ini nyata, kawan.

Lalu, tanyakan pada diri kita sendiri, apa tujuan kita melakukan ini dan itu. Kita butih apa dengan melakukan ini dan itu. Kita dapat apa dengan melakukan ini dan itu.
Ketahui Tujuanmu

Sebenarnya pertanyaan mendasar kita adalah, apa tujuan kita hidup? Dan lebih mendasar lagi adalah, apa tujuan kita ada? Mari kita renubgkan bersama, bukankah keberadaan kita dan hidup kita lebih berarti dari sekedar makan? Jika untuk makan saja kita mesti tau tujuan kita, apa lagi dengan kehidupan kita. Apakah hanya tujuannya iseng iseng, sekedar melangsungkan hidup, atau ada tujuan yang lebih hakiki lagi.

Related Posts

6 comments:

  1. Bener sekali, ketika melangkah tanpa tujuan itu seperti zombi yang sedang berjalan sih, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mas, thanks udah mampir :)

      Hapus
  2. iya benar mas toto,, saya pun kadang masih bingung, apa sebenarnya tujuan saya hidup,,,butuh ilmu dan renungan untuk menjawab ini bagi saya,,,

    BalasHapus
  3. So Jadi Jadi, intinya harus mempunyai rencana tiap akan mengerjakan atau melakukan suatu kegiatan. Termasuk hidup ya, Mas. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seratus buat mbak Idah..
      makasih udah mampir lagi :)

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete