Idul Fitri 2014 Jatuh Pada

shares |

Malam ini, Menteri Agama telah mengetok palu. Idul Fitri ditetapkan pada hari Senin, 28 Juli 2014. Dari sidang isbat, sidang tahunan yang menelan biaya tidak murah, kabar gembira disampaikan dan diambut gegap gempita oleh muslimin Indonesia.

Pertengahan bulan Ramadan ini, Muhammadiyah, organisasi terbesar kedua di Indonesia sudah menetapkan hari raya ied jatuh pada hari senin. Seperti sudah jadi ketetapan, Muhammadiyah selalu berpatokan pada metode hisab, bukan rukyah. Jadi wajar jika jauh jauh hari sudah bisa ditentukan. Sedangkan warga NU, yang merupakan mayoritas, lebih memilih metode rukyah. Tentu kedua ormas besar ini memiliki dalil dalil yang kuat sesuai pendekatan metodenya masing masing.

Sebenarnya ada cerita unik dari kegiatan rukyatul hilal ini. cerita ini dari kawan kawan yang ikut melakukan rukyah. Dari beberapa titik yang udah diterjunkan tim, tapi kebanyakan tidak melihat. Bahkan dengan alat yang sangat canggih sekalipun. Hilal tetap tidak nampak.
Ini diantara cerita dari lapangan yang aku dapat;

Tim rukyah di Tanjung Pasir juga tadi sore hampir terkecoh dgn penampakan awan putih yg seperti hilal di saat matahari terbenam di 283°

Di Cakung lebih unik lagi, perukyah dgn alat canggih tidak melihat hilal sama sekali, namun dua perukyah dgn mata telanjang teriak Allah Akbar liat hilal sementara orang2 di sekitarnya gak melihat sama sekali karena ufuk terhalang gedung2 tinggi yang hanya mungkin bisa melihat hilal di ketinggian 20°

Lalu temanku yang lain mengatakan bahwa ada sekitar seratus titik namun, dari 101 titik mathla', habya ada 3 tempat yang mengatakan telah melihat melihat hilal. Yaitu di gresik, pelabuhan ratu, sama sulawesi. Ada sembilan saksi yang menyatakan melihat hilal. Dan ini yang dijadikan oleh pak menteri sebagai hujjah untuk menetapkan besok lebaran.

Metode rukyah sudah benar, tapi hasilnya ternyata belum tentu akurat.
Bagaimana menurut kamu?

Related Posts

1 comments

  1. Kemarin Lebarannya ya kang.
    untuk itu saya dan keluarga di cilembu mengucapkan Selamat Lebaran 1435 H Mohon Maaf Lahir Batin

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete