Memperbaiki Komputer Mati, Lampu Power Kedip-kedip

shares |


Komputer mati tanpa sebab. Lampu power dan Led kedip kedip saja. Power suply berarti masih hidup. Lalu apa sebabnya?

Jangan buru buru panggil jasa perbaikan komputer. Dan jangan panik. Yang kamu butuhkan adalah tisu kering dan minyak kayu putih. Iya, minyak kayu putih. Merek apa saja, tapi jangan yang abal abal, ya. Buat komputer kok coba coba. :D

Caranya gimana?
Pertama lepas semua kabel yang menghubungkan ke CPU, meliputi kabel power, kabel Monitor, mouse, keyboard, speaker, wifi (kalo ada) , printer dll. Pokoknya semua kabel ke CPU dilepas. Nah CPU sudah bisa di angkat ke halaman rumah tanpa sehelai kabelpun. :p

Siapkan obeng untuk membuka penutupnya. Buka penutup samping. Dan bersihkan semua debu yang menempel dengan kuas lembut atau kain bersih yang lembut juga.

Pastikan tidak ada debu yang tersisa. Selanjutnya kita siapkan minyak kayu putih. Bukan karena komputer kita kembung ya. Tapi minyak kayu putih memang efektif menyembuhkan kembung pada bayi dan komputer, hehe.

Fokus. Lepaskan memory RAM dan bersihkan tembaga yang warna kuning dengan minyak kayu putih. Caranya dengan meneteskan sedikit minyak kayu putih ke tisu kering. Usapkan perlahan-lahan seperti kita membersihkan sesuatu yang sangat sensitif. Bersihkan dan keringkan dengan tisu kering yang baru. Diamkan sejenak agar betul betul kering. Ingat ya, minyaknya jangan banyak banyak. Secukupnya saja. Intinya agar debu dan partikel kecil nan lembut bisa hilang dari memory.

Setelah itu pasang kembali memory RAM tersebut ke posisi semula. Peringatan! Jangan kebalik masangnya. Karena kalo kebalik akibatnya fatal, mainboard kamu akan kebakar dan ga bisa dipake lagi. Sepele tapi sangat penting diperhatikan.

Kalo sudah selesai, tutup kembali dan pasang semua kabel.
Hidupkan. Taraaa... Kompi udah hidup kembali.
Selamat praktek.
Pesan moral: Jagalah kebersihan komputermu agar kompi sehat selalu. :)

Tags: Cara mengatasi komputer mati total, memperbaiki komputer mati, cara membersihkan memory RAM, cara memperbaiki komputer mati sendiri, cara memperbaiki komputer rusak, cara mengatasi komputer sering mati, cara memperbaiki pc nati total.

Related Posts

2 comments:

  1. Wah pakai minyak kayu putih, baunya itu nanti sedap dong mas, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aromanya lama lama ilang mas yos :)

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete