Sate Mbah Sukar, Sate Kambing Khas Klego

shares |

Lebaran tahun ini aku pulang seminggu setelah hari H. Maklum, aku selalu jadi panitia zakat di kantor tempat aku kerja. Selain itu juga kehabisan tiket kereta. Reservasi baru dapat H+7.  Alhamdulilah sampai dalam waktu 10 jam yang harusnya cuma delapan jam.

Di kampung aku pikir sudah sepi, lha wong yang lain udah sibuk arus balik, aku baru mudik. Tapi ternyata tidak begitu. Lebaran tahun ini memang berbeda. Macet parah dimana mana. Perjalanan dengan bus yang biasa ditempuh 10-12 jam harus menghabiskan waktu 30-36 jam. Itulah lebaran, bagaimanapun kondisinya tetap saja ditempuh.

Nah berkaitan dengan mudik dan lebaran, aku akan bawakan oleh oleh. Oleh oleh tentunya yang enak enak. Ini tentang kuliner di kampungku, Klego. Sebuah desa di kabupaten boyolali, terletak antara Salatiga dan Solo. Kira kira jaraknya sekitar 20km dari keduanya. Apa yang kuliner yang khas? Sebenernya ga ada. Lho..

Iya sebenernya ga ada yang khas, makanannya rata rata ada di tempat lain. Tapi ada Sate kambing yang sangat favorit disini. Setiap malam mbah Sukar dengan anaknya mangkal di depan kantor kecamatan. Sejak mereka buka lapak pembeli sudah ngantri untuk membelinya.

Aku punya rumus sederhana untuk mengetahui kualitas kuliner yang dijual. Caranya, lihat saja warung atau lapak itu, jika ramai iti pasti karena dua saja alasannya, yaitu kalo tidak karena makanan disitu murah pasti karena makanan disitu enak. Cara ini bisa dipraktekkan dimana saja. Jika bingung disebuah foodcourt, maka datangilah yang paling ramai. Karena kalo tidak enak pasti murah. Hehehe..
Sate Mbah Sukar, Sate Kambing Khas Klego
gambar ilustrasi dari alfeea.wordpress.com

Nah Sate Kambing Mbah Sukar ini dari sisi harga sebenarnya standar, satu porsi 25 ribu rupiah. Tapi soal rasa, kamu perlu coba sendiri. Aroma daging kambing dibakar dan daging yang empuk memang tidak cukup rasanya satu porsi saja. Dagingnya cukup besar besar. Dan yang paling disukai pelanggan adalah sambel kacangnya. Maknyus deh pokoknya. Kalo lewat klego, mampirlah sesekali.

Maaf gambarnya tidak sempat aku foto karena langsung kita hajar. Hehe. Maaf ya sekian dulu oleh olehnya.

Dikirim dari Windows Phone saya

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete