Cara Mengenal Diri Sendiri Sebelum Mengenal Allah

shares |

Mengenali diri sendiri bisa menjadi proses yang luar biasa sulit, tetapi jika kamu meluangkan waktu dan tenaga di dalamnya, mengenali diri sendiri akan menjadi pengalaman yang sangat berharga. Dalam mengenal diri secara obyektif dan jujur​​, kamu bisa belajar untuk menerima diri sendiri dan mencari tahu cara untuk meningkatkan diri di masa depan
Cara Mengenal Diri Sendiri Sebelum Mengenal Allah

Inilah langkah langkah yang harus kamu lakukan untuk memulai sebuah proyek besar, mengenal diri.


Tuliskan pendapatmu sendiri. Ambilah pena dan kertas kemudian tulislah deskripsi diri kamu. Buatlah sedetail mungkin, mendefinisikan diri sebagai manusia seutuhnya: fisik, mental, emosional, dan spiritual.
Mulailah dengan pernyataan seperti, "Saya ..." atau "Apa yang membuatku benar-benar bangga pada diriku sendiri adalah ..."
Buatlah pernyataan-pernyataan tentang diri anda sebanyak-banyaknya bisa 8 atau 12 pernyataan.

Buatlah daftar kekuatan dan kelemahan kamu

. Tidak perlu malu untuk menulis sisi negatif atau positif yang kamu sadari atau tidak. Semakin jujur maka hasilnya akan semakin baik.Tulislah juga hal-hal yang selama ini membuat kamu gagal atau berhasil.

Ingatlah saat-saat penting dalam hidupmu. Pikirkan tentang cerita yang sering kamu ceritakan tentang masa lalumu. Tanyakan pada diri sendiri mengapa kamu merasa perlu untuk memberitahu orang lain untuk mengetahui ceritamu.

Pikirkan kembali ke masa kecilmu. Cari tahu apa yang membuatmu bahagia waktu kecil, serta apa yang mengakibatkanmu merasa kecewa.


Dari sini kita bisa mengetahui manusia macam apa kita saat ini. Apakah kita mau merubah nasib dan karakter kita? Ataukah kita sudah merasa cukup dengan kondisi yang ada. (bersambung)

Tags:
ilmu mengenal diri, cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri,
mengenal diri dalam islam,
cara mengenal diri sendiri dalam islam,
mengenal diri kita sendiri,
mengenal atau menilai diri sendiri,
mengenal diri sendiri dan orang lain,
cara mengenal diri sendiri sebelum mengenal allah,

Related Posts

2 comments:

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete