Cara Memilih Situs Belanja Online

shares |



Pernah belanja online? Pasti pernah dong. Kalo ga pernah cobalah sesekali, buat nambah pengalaman, hehe.  Paket internet jangan cuma buat stalking twitter mantan dan update status facebook, belanja online itu sangat banyak manfaatnya atau kelebihannya disbanding belanja offline. Secara, untuk ke pasar saja kita butuh bensin atau ongkos angkot, belum lagi muter-muter dan tawar menawarnya. Habis waktu habis tenaga. Kalo aku sih untuk belanja produk seperti gadget lebih suka belanja di toko online. Mengapa? karena hemat waktu dan biaya. Tinggal cari barang atau produk yang kita inginkan, cek spek dan reviewnya di internet via search engine (ex: google, bing, yahoo dll). Setelah oke dengan budget kita, kita tinggal cari toko online yang terpercaya. Bagaimana cara mengetahui bahwa Situs Belanja Online itu bisa dipercaya?

Cara Memilih Situs Belanja Online

Pertama, lihatlah platform yang mereka gunakan, ini ga selalu penting sih, Cuma kalo pake platform blog gratisan, sepertinya agak mengkhawatirkan. Masa buat bisnis dengan platform gratisan? Tapi sekali lagi ini bukan factor utama. Ada juga yang jualan dengan modal gratisan pada awalnya tapi sangat jujur dan bias dipercaya.
Kedua, coba lihat harga yang ditawarkan, jika harganya terlalu bombastis, justru itu meragukan. Bisa jadi itu barang BM atau Black Market atau aspal alias asli tapi palsu. Bandingkan dengan harga-harga yang lain dengan produk serupa. Jika perbedaanya tidak terlalu mencolok, maka bias dikatakan toko online yang wajar. Diskon memang sering diberikan pada waktu-waktu tertentu, hal ini biasa, karena itu salah satu teknik marketing.
Ketiga, menurutku yang paling penting juga, adalah testimoni. Lihatlah komentar orang-orang yang telah belanja online di toko online tersebut. Jika ada testimoni yang kurang baik, jangan langsung percaya, begitu juga sebaliknya.  Cek dan recek di berbagai forum agar uang yang anda belanjakan tidak sia-sia.
Keempat, kok malah ribet gini ya belanja online? Enakan belanja ke pasar ga perlu riset.. Ok wait, nanti aku kasih solusinya. Yang ini terakhir deh. Apa itu? Ini tidak kalah penting dari itu semua, yaitu cara pembayaran yang mudah dan tidak ribet. Misalnya apakah toko online tersebut menyediakan cara pembayran via paypal, transfer bank atau COD. Kemudahan transaksi juga menjadi salah satu poin penting dalam kita belanja di toko online.
Eh, masih ada satu lagi nih, apa itu? Layanan responsive. Artinya apa, artinya toko online itu ada customer service yang bias dihubungi dan bersedia melayani dengan baik. Ini juga hal yang ga kalah penting dari semua keempat poin diatas.
Apa itu saja? Tentunya tidak, masih ada hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan, namun setidaknya lima poin itu cukup dijadikan acuan mana toko online yang bias dipercaya atau tidak. Untuk tau cara belanja online dan dinamikanya, maka cobalah sesekali belanja di toko online.

Related Posts

4 comments:

  1. kira-kira kalo olx sama berniaga udah cukup aman gak ya .... hehehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman. Tp pilih2 juga penjual yg bener om

      Hapus
  2. kalau sy biasanya dilazada tapi liat2 dulu penjualnya :) karena kalau ga salah sekarang ga semua barang dijual langsung sama lazada, betul ya mas ?
    Selain aman biasanya kalau sy liat metode pembayarannya juga si & selalu pilih yg ga ribet harus kirim bukti segala :) coba kalau semua ol shop dah bisa pake CC atau kalau Transfer via bank dah otomatis bisa dicek tanpa kita harus kirim bukti pembayaran lagi pasti lebih nyaman deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sudah meninggalkan komentar mbak ayu penablog,
      iya betul, di lazada memang begitu sekarang.
      kalo pake CC masih jarang olshop yang pake, mungkin karena pengguna cc masih belum banyak.
      yang terakhir biasanya konfirmasi pembayaran tidak harus kirim bukti pembayaran sih, tp tetep aja ngeceknya manual,, hehe

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete