Belajar dari Kisah Nabi Yusuf as dan Anak-Anak Israel

shares |

Kisah Nabi Yusuf as adalah kisah Nabi terlengkap yang diabadikan dalam Al-Quran. Sedemikan pentingnya kisah ini sehingga satu surat khusus untuk mengisahkan Nabi Yusuf sejak kecil bersama ayahnya, nabi Yaqub (Israel) di Palestina hingga menjadi pemimpin yang sukses di Mesir. Inilah sebaik baik kisah yang banyak sekali pelajaran untuk umat manusia sampai hari kiamat.

Surah-Yusuf-235 kisah nabi yusuf
Didalam kisah para nabi, selalu saja ada pihak yang ingin memadamkan cahaya Ilahi. Dan dalam kisah nabi Yusuf as, tokoh antagonis pertama adalah kesepuluh saudaranya. Dan alasan Bani Israel dari Yehuda, Levi, shamoun dan yang lainnya adalah hasad atau iri hati. Sebuah penyakit hati yang tampak biasa tapi efek destruktif nya sangat luar biasa. Pantas saja Nabi Muhammad saw pernah bersabda bahwa Hasad akan membakar seluruh kebaikan. ”Jauhilah olehmu sekalian sifat dengki, karena dengki itu memakan kebaikan seperti api melalap kayu bakar.” 

Kalau kita pikir pikir kenapa sih YĆ©huda dan saudara2nya bisa benci banget sama Yusuf? Hanya karena merasa kasih sayang Ayah lebih besar ke Yusuf dibandingkan ke mereka. Helloo... Ga banget kan keliatannya. Yaelah gitu aja iri. Yusuf mimpi 11 bintang matahari dan bulan bersujud pada Yusuf, kenapa mereka yang kejang kejang coba. Bisa jadi sederhana banget alasan orang menjadi benci. Kedengkian berubah menjadi kebencian akut dan menjelma menjadi rencana pembunuhan. Hebat ya efek dengki.

Dengki, iri hati adalah penyakit warisan dari Iblis. Semua tau prestasi Iblis, ibadahnya jempolan, bahkan ia makhluk yang terbuat dari api, sebuah unsur yang sangat keren. Tapi semua itu sia sia belaka. Keunggulan, kehebatan dan prestasi ibadah yang cemerlang bisa sirna nilainya dihadapan Allah hanya karena penyakit dengki.

Kita bisa belajar dari anak anak Israel, mereka dibawah naungan ayah sang Nabi saja bisa tergelincir, apalagi kita yang belajar agama baru kemaren sore.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete