Rejeki Melimpah di Masa Pandemi

shares

 Hampir setiap orang di muka bumi ini sedang mengalami yang namanya ujian yang sama. Menghadapi dan menjalani hidup di masa pandemi seperti saat ini tentu banyak kisah dan cerita. Baik itu suka maupun duka. Namun di balik ini semua tentu kita semua yakin bahwa ada pelajaran berharga untuk umat manusia. Pelajaran hidup yang semestinya lebih baik.

Ada banyak cara yang dilakukan diantara kita dalam menjalani hari-hari dengan penuh ketidakpastian. Bisnis ku bidang wisata outbound adalah yang paling pertama kena hantaman wabah ini. Karena pekerjaannya adalah mengumpulkan orang dengan kegiatan bersama sama, yaitu tentu hal ini hukumnya 'haram'  dilakukan. Dan Beruntungnya ada banyak bisnis yang terdampak sama. Lalu apakah kita akan menyerah dan tidak melakukan apa-apa? Pasti semua akan menjawab, dan tidak, kita tetap harus bergerak, dan kita melakukan sesuatu, dan sebagainya.. Namun jika boleh jujur, dan maka kebanyakan dari kita sedang menyiapkan diri dalam mode bertahan hidup, dan survival mode on. Apakah salah?  Tentu tidak.

Bertahan hidup dalam kondisi yang sulit adalah hal yang lumrah bagi makhluk hidup. Namun pilihan tidak hanya bertahan hidup, kita juga tetap harus bertumbuh. Bertumbuh artinya berproses menuju kualitas diri yang lebih baik. Bertumbuh dalam skill dan ilmu. Bertumbuh dalam ekonomi, universitas bertumbuh jiwa sosialnya, dan bertumbuh spiritualnya.

Bagaimana ini bisa terjadi?  Baik, dan kita bisa melihat bahwa penggunaan aplikasi Zoom meningkat secara tajam sejak covid19 melanda. Dan uniknya, aplikasi meeting itu bukan hanya untuk meeting pekerjaan karena wfh (work from home), dengan lebih dari itu hampir kebanyakan webinar atau kursus online juga menggunakan aplikasi ini. Artinya bahwa kebutuhan akan bertumbuhnya skill dan ilmu tidak bisa dibendung oleh apapun. Akan selalu ada cara untuk bertumbuh.

Selain itu, ada banyak sekali kelas online yang bermunculan seperti ini jamur di musim penghujan. Di obral dengan harga jauh lebih murah dari biasanya. Dan peminatnya pun tidak sedikit. Yang gratis pun banyak sekali. Apapun bisa kita pelajari untuk upgrade kemampuan kita. 

Bagiku, ini adalah berkah bagi semua. Jadi sangat disayangkan jika menjalani hidup ini hanya untuk bertahan hidup saja. Ini adalah kesempatan terbaik untuk bertumbuh. 

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan meninggalkan komentar :) | Nyepam pasti saya delete